Teori Jarum Suntik (Needle Theory)

Teori ini menyatakan bahwa media massa seperti televisi, radio, dan surat kabar memiliki kekuatan yang besar dalam mempengaruhi opini dan sikap masyarakat.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

Teori Jarum Suntik (Needle Theory) adalah teori komunikasi massa yang pertama kali diusulkan oleh Paul Lazarsfeld, Bernard Berelson, dan Hazel Gaudet pada tahun 1940-an. Teori ini menyatakan bahwa media massa seperti televisi, radio, dan surat kabar memiliki kekuatan yang besar dalam mempengaruhi opini dan sikap masyarakat.

Teori Jarum Suntik mengambil analogi dari cara suntikan bekerja dalam tubuh manusia. Seperti halnya suntikan, media massa dapat mengirimkan pesan secara langsung dan efektif kepada masyarakat, dan pesan tersebut akan diterima dan diproses tanpa pertimbangan yang terlalu banyak.

Menurut teori ini, media massa memiliki kemampuan untuk mempengaruhi opini dan sikap masyarakat karena pengaruhnya yang langsung dan masif. Media massa dikatakan memiliki kemampuan untuk memasukkan pesan atau informasi ke dalam pikiran masyarakat tanpa pengaruh dari faktor-faktor eksternal, seperti pengaruh keluarga, teman, atau lingkungan sekitar.

Namun, teori ini kemudian dikritik karena tidak memperhitungkan peran faktor-faktor lain dalam membentuk opini dan sikap masyarakat, seperti pengaruh lingkungan sosial, latar belakang budaya, dan pengalaman pribadi. Selain itu, teori ini cenderung mengabaikan perbedaan individual dalam mengolah dan memproses informasi, serta mengasumsikan bahwa semua orang akan menerima pesan media massa dengan cara yang sama. Oleh karena itu, Teori Jarum Suntik sekarang dianggap kurang relevan dan dianggap terlalu sederhana untuk memahami kompleksitas pengaruh media massa dalam masyarakat modern.

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Pos Terkait:

Tinggalkan komentar: