Pilih Blogspot atau WordPress?

Memilih keduanya, cukup berat. Maka saya telah mengambil sebuah kesimpulan dengan pertimbangan yang cukup matang.

BAGIKAN DI

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BLOGGERKALTENG.COM – Saya awalnya memulai aktivitas di dunia blogger dengan menggunakan blogspot (blogger.com). Pertanyaan tentang pilih blogspot atau wordpress mulai muncul ketika saya mulai bosan dengan tampilan blogspot yang begitu-begitu saja. Sedangkan saya terpengaruh dengan tampilan webiste atau blog yang menggunakan wordpress, terutama dari segi tampilan menu mobile (cukup elegant). Karena saya termasuk blogger yang memperhatikan tampilan visual, karena menurut saya pengunjung blog menyukai tampilan yang nyaman saat mereka berkunjung. Nah, sebelum saya menjawab pertanyaan diatas, saya akan jelaskan beberapa hal tentang blogspot dan wordpress.

Kelebihan Blogspot

Pertama blogspot menggunakan html dan javascrip yang mudah untuk dimodifikasi. Kedua, disenangi oleh mesin pencari google, karena blogspot salah satu produk google. Ketiga, template yang tersedia cukup banyak. Keempat, tidak perlu sewa hosting jika ingin mengganti domain blogspot.com menjadi TLD (Top Level Domain), karena google sudah menyiapkan hosting, namun kita tetap bisa memilih apakah menggunakan hosting khusus dari penyedia layanan atau hosting dari google. Jadi, sebenarnya pilihan tepat jika ingin menjadi blogger dengan budget yang terjangkau (artinya kita hanya cukup membeli domain saja).

Namun, alasan keempat tersebut, mempunyai kelemahan. Seperti, website tidak sepenuhnya menjadi milikmu. Karena google punya standar kebijakan konten (baca disini) yang perlu kamu patuhi. Kalau tidak patuh, sanksinya posting mu bisa dihapus bahkan yang lebih parah website bisa-bisa dihapus pihak google.

Oke, kemudian kelima, dulu (mungkin sekitar tahun 2017 kebawah) template blogspot masih terbilang usang dan kurang keren. Namun kini template blogspot sudah mampu menyesuaikan dengan keinginan pengguna, ditambah dengan bantuan pihak ketiga (ditulisan lainnya akan saya coba jelaskan). Cukup banyak developer template yang merancang tampilan blogspot bergaya modern. Hal ini mengobati rasa iri para blogger sebelumnya, karena masa depan tampilan website atau blognya yang bisa direnovasi menjadi lebih baik.

Keenam, masih membahas soal template. Saya menemukan beberapa developer sudah merancang tampilan blogspot seperti desain UI (User Interface) yang mempunyai ciri khas ikon tifografi, komponen tombol, layout, animasi, dan visual interaktif lainnya. Desainnya fokus pada keindahan dan kemudahan pengguna.

Ketujuh, bagi yang blognya sudah TLD (Top Level Domain) dan bingun dengan pengoperasian cpanel. Maka Blogspot pilihan tepat, karena cukup pengeporasian di laman dashboard blogger. Kamu tidak perlu setting PHP yang usang, kapasitas upload, dan lainnya. Bahkan sekarang sertifikat SSL (Secure Socket Layer) atau bahasa sederhananya (https://) sebelumnya (http://) bisa didapatkan dengan gratis, dan tersedia di pengaturan dashboard blogger tadi. Karena kalau untuk website di luar blogspot kamu harus menguras sedikit isi dompet.

Kelebihan WordPress

BloggerKalteng.com yang sedang kamu kunjungi saat ini menggunakan wordpress. Kalau BloggerKalteng.id menggunakan blogspot yang sudah TLD. Saya terbilang baru bermain di wordpress, yaitu dimulai tahun 2017. Dan baru tahun 2018 berani menawarkan jasa pembuatan website dengan wordpress. Dan sampai saat ini hingga seterusnya saya masih dalam proses belajar. Jasa pembuatan website, desain grafis, dan membuat konten tulisan (lebih kepada pembuatan berita) menjadi pekerjaan yang saat ini saya geluti. Nah, berikut kelebihan wordpress yang selama ini saya rasakan :

Pertama, website sepenuhnya milikmu. Tidak terpengaruh pada standar kebijakan konten google (artinya google tidak bisa menghapus website mu), paling-paling website yang melanggar kebijakan kontennya akan dikategorikan sebagai spam (artinya website mu tidak bisa ditemukan di mesin pencari, dan di blokir). Kamu juga leluasa untuk merawatnya, tergantung budgetmu, apakah layanan hosting dan domain mu diperpanjang atau tidak. Jadi, selama kamu memperpanjang dua layanan tersebut maka websitemu akan tetap bisa diakses.

Hanya saja kelemahannya, kamu harus mengambil uang cukup banyak untuk membuat website dengan wordpress. Karena kecepatan websitemu bergantung cukup besar pada kapasitas hosting yang kamu sewa. Seperti jasa pembuatan website Blogger Kalteng dengan biaya minimal Rp 3.000.000 (baca disini).

JANGAN SEGAN UNTUK MENDISKUSIKAN WEBSITE ANDA BERSAMA BLOGGER KALTENG, SAYA SANGAT TERBUKA

Kedua, tema wordpress sangat banyak dan mudah didapatkan (ada yang gratis ada juga yang berbayar). Tema yang dimiliki wordpress sangat elegant, modern, dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Dan cukup banyak website keren yang menggunakan wordpress.

Ketiga, Plugin yang mempermudah pengoperasian dan modifikasi website. Ini kelebihan wordpress yang tidak bisa ditandingi oleh blogspot. Plugin itu seperti kode atau software baik yang disiapkan oleh wordpress atau pihak ketiga yang mempunyai fungsi tertentu yang kemungkinan website bisa menjalankan fitur tambahan. Kalau di blogspot kamu perlu membuat kode html, java scrip, atau css. Sepertinya hampir semua keinginan di website wordpress, pluginnya tersedia.

Keempat, lembar kerja posting yang lengkap dan mudah digunakan. Di posting wordpress mau buat apa aja bisa. Paragraf yang rapi, font yang teratur, lembar kerja yang lengkap (hampir semua kebutuhan dasar di Microsoft Word terpenuhi).

Pilih Blogspot atau WordPress?

Pertanyaan ini saya jawab dengan 2 (dua) website yang saya kembangkan sekarang. Yaitu BloggerKalteng.com (menggunakan wordpress) dan BloggerKalteng.id (menggunakan blogspot). Artinya, saya masih tidak bisa melepas diantara salah satu. Jadi, saran saya jangan terfokus pada salah satu saja. Belajarlah kedua-duanya, karena masih memiliki kesamaan, dan cukup mudah untuk mempelajarinya. Kelemahan-kelemahan blogspot misalnya, masih bisa diatasi dengan keahlian para developer yang serius menekuninya. Bahkan sampai saat ini ada satu hal yang mematahkan pendirian saya tentang “pentingnya tampilan web” yaitu : “Kebanyakan website yang memiliki pengunjung yang banyak, tidak bergantung pada pltaform yang digunakan, tapi pada kualitas konten yang dihasilkan”. Jadi, jangan pilih salah satu dari blogspot atau wordpress, pilihlah kedua.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

2 Responses

  1. Menarik pembahasannya mas. Saya juga memakai keduanya, baik Blogger maupun WordPress (.org dan .com).

    Sebenarnya ada satu poin yang sering saya temukan dipembahasan perbedaan Blogger dan WordPress, yaitu tentang “konten yang bisa dihapus Google”. Di poin ini sebenarnya saya kurang sepakat, alasannya:

    Pertama, penghapusan biasanya disebabkan adanya pelanggaran ketentuan. Selama kontennya ngga melanggar, biasanya aman-aman saja. Terkait peraturan tadi, bukan hanya di Blogger, di self-hosted WP pun artikel bisa dihapus kalau melanggar TOS-nya. Kalo saya baca-baca TOS layanan web hosting maka di situ ada beberapa topik yang dilarang.

    Kedua, saya menemukan contoh kasus di Blogger Help Forum ada blog yang dihapus Google karena salah hapus, itu bisa dibantu dimunculin lagi. Kecuali dihapusnya karena melanggar TOS.

    Namun bagaimanapun juga saya merasa Blogger sekarang ini kurang terfasilitasi dari segi template, kalau diingat-ingat dulu lebih banyak tersedia Blog skin/template gratis yang bagus jika dibanding sekarang. Selain itu penyedia template berbayarnya juga tidak sebanyak WP.

    1. Wah.. sangat terhormat bisa dikunjungi mas iqbal… saya udh beberapa kali baca blog mas. Sangat menginspirasi.

      Ilmu baru nih bagi saya tentang topik penghapusan konten. Trmksh mas.

      Kalau soal template saya juga merasa, kurang terfasilitasi. Templatenya juga kdang monoton tampilannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *