Blogger pemula harus mulai dari blogspot

2 mins read
Pixabay @igorovsyannykov

Memilih platform untuk menjadi blogger harus menjadi perhatian bagi blogger pemula, karena jika blog sudah diisi dengan artikel-artikel dan sudah mempunyai traffic yang bagus maka memindahkan platform bukan pilihan yang tepat. Mulailah dari blogspot. Saya cukup banyak mengenal para blogger di Indonesia. Bahkan saya kumpulkan link blog mereka. Sebagai pembanding, bahkan sebagai bahan bacaan. Biasanya akan saya seleksi ketat, karena masih banyak blog yang cuman nambahin spam, misalnya blog hasil copy paste. Blogger punya gaya bahasa sendiri ketika menulis, ada yang resmi, semi resmi, ada yang nyantai, bahkan ada yang super nyatai dan alay. Asikk memang jadi seorang blogger, gak perlu ngikutin tata bahasa jurnal ilmiah. Nulis aja, walaupun kamu sendiri gak paham yang kamu tulis apa, bahkan bisa gak nyambung antara judul dan isi. Ini yang saya alami sewaktu di tahun-tahun pertama ngeblog.

“Yang penting, update tulisan”, ini jadi visi sejati saya mengawali ngonten di blog.

Ngejar orisinilitas bagi blogger pemula yang minim keahlian menulis seperti pengalaman saya sangat susah. Bahkan untuk menyelesaikan satu tulisan saja bisa sampai memakan waktu 2 jam lebih. Ini salah satu derita untuk memulainya. Tapi asik. Proses belajarnyapun sangat melelahkan.

And then, kenapa harus mulai dari blogspot? Ini saran ekstrim dan sikap berani saya walaupun artikel ini terbit di platform wordpress. Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada para suhu wordpress. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa saya berani mengambil sikap demikian. Berikut alasannya:

Mengawali di dunia blogger, saya memulai dari blogspot yang sampai sekarang masih saya kelola saat suasana hati sedang baik, yaitu bloggerkalteng.id

Blogspot sangat mudah

Udah. Semua blogger dari yang pemula sampai yang udah jenggotan pasti sepaham bahwa membuat blog di blogspot sangat mudah. Begitupun dengan menggunakannya, sangat mudah. Membuka tampilan posting blogspot sama halnya seperti membuka halaman Microsoft Word di laptop atau komputer. Membuat judul, mulai menulis, dan insert foto, serta membuat kategori tulisan. Cukup itu saja, kemudian publikasikan tulisan anda.

Gambar tampilan posting blog di blogspot

Gak perlu mikirin SEO (Search Engine Optimization)

Awal ngeblog, saya tidak pernah tau dan mikirin soal SEO atau pengoptimalan mesin telusur. Lebih-lebih saat menggunakan blogspot. Taunya ngisi konten blog dengan tulisan aja. Juga gak mikirin tulisannya panjang atau pendek. Pertama kali menggunakan teknik SEO sejak beranjak ke wordpress, ada dua tulisan yang saya terapkan plugin Yoast SEO Premium di bloggerkalteng.com ini, yaitu di kategori layanan (1) Jasa Pembuatan Website Kalimantan Tengah; dan (2) Layanan Desain Grafis Blogger Kalteng. Memang hasilnya mengejutkan, satu jam setelah artikel itu terbit, sudah terindex oleh Google di laman pencarian pertama.

Udah, saya tidak berpikir SEO lagi setelah dua artikel itu. Nulis aja. Apa saja. Karena jika masih mengikuti alurnya terbebani dengan gaya bahasa dan cara menulis. Jadilah blogger lepas, jangan dikejar oleh teknik menulis apapun. Pakai gaya dan karakter sendiri.

Blogspot mudah terindek google

Saya masih penganut kepercayaan fanatik tentang pernyataan “blogspot mudah terindek google”. Karena bagian dari produk google. Tapi tidak semudah itu, kualitas tulisan juga mempengaruhi. Jangan juga asal-asalan menulis. Kasus terindek ini, saya rasakan saat menggunakan wordpress. Sampai sekarang ada artikel saya masih belum terindek, walaupun udah menggunakan kata kunci yang spesifik. Menyedihkan.

Jangan berhenti dengan domain gratis blogspot

Jadikan domain gratis blogspot menjadi Top Level Domain dengan cara membeli domain. Ini istimewanya dari blogspot. Google menyediakan hosting gratis. Jadi, biaya untuk menjadikan blog anda dengan domain khusus sangat murah. Coba baca lebih jelasnya di artikel “Pilih Blogspot atau WordPress?“.

Mulai saja dulu.

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Previous Story

Kode HTML Banner Iklan Melayang di Bawah Blog

Next Story

Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun

Latest from Blog