Tentang Yandi Novia – Blogger Kalteng

Nama saya Yandi Novia. Saya lahir di Desa Tanjung Jariangau, sekarang saya berjuang di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia. Hobi saya memancing, berkebun, bermain gitar, membaca buku, olahraga bulu tangkis dan memasak. Saya seorang suami dari Fitri Rahmawati dan telah dikaruniai seorang buah hati bernama Alghaaziy Karim Afiyan.

Tahun 2010 saya memulai belajar tentang blog, bermula dari blogspot (blogger), membuat facebook, email dan twitter. Saya sudah mulai tertarik dengan dunia internet. Blog menjadi bagian dari hidup saya selama 14 tahun. Dengan ikhtiar yang keras saya membangun sebuah brand ‘blogger kalteng’ dengan situs bloggerkalteng.id.

Baca juga : Pengalaman Menjalani Vaksinasi COVID-19

Menjadi ‘blogger’ adalah pilihan dalam hidup saya. Dan saya telah membuktikan bahwa saya bisa hidup, bertahan, berkembang, dan terus berkreatifitas setiap harinya. Selama 14 tahun saya belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan menjadi ‘content creator’. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial.

Saya belajar semuanya melalui buku dan artikel yang saya temukan di internet. Saya praktekkan berulang kali sampai sukses, dan belajar memecahkan masalahnya. Semua saya tulis rapi dalam catatan ‘google keep’ di smartphone, sehingga saya tidak akan pernah lupa tentang apa dan bagaimana proses belajar tersebut. Sampai sekarang saya juga masih menggunakan buku catatan untuk mencatat hal-hal penting.

Tahun 2023 saya membangun jaringan di dunia Politik. Memulai bermain di personal branding calon legislatif DPRD Kota Palangka Raya melalui jaringan media sosial facebook. Jaringan dan gerakan politik masih berlanjut hingga sekarang, dan menjadi bagian pekerjaan profesional saya, berupa pemetaan, big data, personal branding, survey, hingga pekerjaan lapangan. Tahun 2023-2024 adalah karier profesional pertama saya sebagai konsultan politik, saya menyebutnya “pertarungan terakhir“, karena ini sebagai pembuktian bagi saya pribadi.

BloggerKalteng.com yang sedang anda kunjungi saat ini hadir dengan wajah sederhana. Beberapa topik yang menjadi fokus saya adalah :

Suatu Hari lebih kepada cerita keseharian saya, baik itu pada saat bersama keluarga, teman, sahabat, bertemu orang-orang baik, cerita-cerita soal pekerjaan, hal-hal baik yang saya temui, dan cerita yang layak untuk saya ulas dan bagi kepada pembaca. Selamat membaca dan bagikan jika bermanfaat.

Gagasan adalah ulasan sederhana, kadang tidak beraturan, mencoba melihat persoalan dari sudut pandang berbeda (dari berbagai referensi dan pemaknaan pribadi). Saya rasa semua orang berhak untuk bersuara, maka saya ciptakan kolom ini. Selamat membaca dan bagikan jika bermanfaat.

Sastra merupakan kumpulan puisi dan sajak pendek yang masih bisa saya buat. Dan mungkin juga kumpulan kisah-kisah yang tidak bisa dijelaskan secara nyata, harus dengan gaya bahasa berbeda.

Blog, berbagi tentang betapa asyiknya ngeblog sambil nyari uang dengan gaya freelance, belajar html, japascript, dan lainnya.

Liputan, kategori liputan merupakan karya jurnalistik saya, baik sebagai editor berita maupun liputan langsung yang telah dipublikasikan diberbagai media online.

Scale Up, adalah catatan singkat dari seorang pelaku UMKM Kota Palangka Raya Maulana Malik (pemilik Greenery), dengan visi menjadi Role Model UMKM yang naik kelas dalam 5 tahun ke depan 2025.

Oh yaa… Saya juga mencoba berbagi tentang dunia politik ‘fun’, beberapa topik saya coba bangun. Politik Inside, disini saya ingin berbagi kebahagiaan dan kepedihan soal politik. Apalagi bagi kita yang memulai dari hal yang abstrak. Ikut nimbrung, tanpa tahu ilmu teorinya. Masih ingat kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah. “Aktivis paling hebat jadi timses”, ujarnya. Branding Politik, Sejak 2013 saya terlibat dalam skala kecil branding politik, hingga sekarang. Pengalaman ini ingin saya jelaskan dalam beberapa sesi. Saya bukan ahlinya, tapi dalam proses belajar, setidaknya proses ini yang ingin saya bagi. Jadi Timses, rencananya di seri tulisan ini saya ingin membuat sesi belajar jadi timses. Buat seru-seruan aja. Dari pengalaman pribadi dan teman yang pernah jadi timses (Tim Sukses). Dengan bahasa santai dan asik tentunya.

Literasi Media, sejak 2010 saya sudah mulai tertarik dengan Media Sosial, mempelajari seluk beluknya, bagaimana algoritma memainkan pengguna, dan makin kesini saya pro terhadap Literasi Media. Media Sosial cenderung bebas, dia seperti apa yang kita suka. Berhati-hatilah.

Setiap hari saya terus belajar, dan saya merasa beruntung karena Allah SWT masih memberikan saya kesempatan untuk memperbaiki semuanya. Semoga Allah SWT meridhoi usaha kita semua.

Beberapa berita terkait tentang saya :

Saya juga membuat beberapa video di channel YouTube Blogger Kalteng.

Tahun 2020-2022, saya terlibat dalam penanganan COVID-19 di Kota Palangka Raya dan mendapatkan dua penghargaan.

  1. Penghargaan dari Walikota Palangka Raya perwakilan dari lembaga Dewan Masjid Indonesia atas kinerja yang luar biasa dan kontribusi dalam penanganan COVID-19 bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Bencana Non Alam COVID-19 di Kota Palangka Raya Tahun 2020.
  2. Penghargaan dari Indonesia Hebat Bersatu DPW Kalimantan Tengah. Atas Inovasi Aksi pada Program Pencegahan COVID-19, Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan, serta Pencegahan Faham Radikalisme dan Terorisme, di Wilayah Kalimantan Tengah.

Update 13 Mei 2023