Teori Hubungan Sosial (Social Relationship Theory)

Teori ini berfokus pada motivasi individu dalam menjalin hubungan sosial, serta bagaimana hubungan sosial tersebut mempengaruhi perilaku, emosi, dan kesejahteraan individu.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

Teori Hubungan Sosial (Social Relationship Theory) adalah teori yang mengkaji hubungan interpersonal dan interaksi sosial antara individu. Teori ini berfokus pada motivasi individu dalam menjalin hubungan sosial, serta bagaimana hubungan sosial tersebut mempengaruhi perilaku, emosi, dan kesejahteraan individu.

Menurut teori ini, hubungan sosial dipengaruhi oleh tiga faktor utama: persamaan, ketergantungan, dan kualitas hubungan. Persamaan terkait dengan kesamaan antara individu, baik dalam hal nilai, minat, atau pengalaman hidup. Ketergantungan terkait dengan sejauh mana individu membutuhkan satu sama lain dalam mencapai tujuan tertentu. Sedangkan kualitas hubungan terkait dengan kepuasan individu dalam hubungan tersebut.

Teori Hubungan Sosial memandang hubungan sosial sebagai suatu yang dinamis dan saling mempengaruhi antara individu. Hubungan sosial dapat memberikan dukungan emosional, informasi, dan sumber daya yang penting dalam kehidupan individu. Oleh karena itu, hubungan sosial yang positif dapat meningkatkan kesejahteraan individu, sementara hubungan sosial yang negatif dapat menimbulkan stres dan bahkan berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental individu.

Teori ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti dalam memahami hubungan antara orang tua dan anak, hubungan antara teman sebaya, dan hubungan romantis. Teori ini juga dapat digunakan dalam merancang program intervensi sosial untuk meningkatkan kualitas hubungan sosial dan kesejahteraan individu.

Namun, teori ini juga memiliki keterbatasan. Teori Hubungan Sosial cenderung mengabaikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hubungan sosial, seperti perbedaan individual dalam kepribadian dan pengalaman hidup. Selain itu, teori ini cenderung mengabaikan pengaruh konteks sosial, seperti budaya dan struktur sosial, yang dapat mempengaruhi pembentukan dan kualitas hubungan sosial.

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Pos Terkait:

Tinggalkan komentar: