Teori Determinisme Teknologi (Technological Determinism)

Teori ini berpendapat bahwa teknologi tidak hanya mempengaruhi cara kita berinteraksi satu sama lain, tetapi juga membentuk pola pikir dan cara kita memandang dunia.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

Teori Determinisme Teknologi (Technological Determinism) adalah pandangan yang mengatakan bahwa teknologi adalah faktor penentu utama dalam membentuk budaya, sosial, dan ekonomi manusia. Teori ini berpendapat bahwa teknologi tidak hanya mempengaruhi cara kita berinteraksi satu sama lain, tetapi juga membentuk pola pikir dan cara kita memandang dunia.

Menurut teori ini, teknologi memiliki kekuatan untuk mengubah budaya dan masyarakat. Contohnya, teknologi transportasi seperti mobil dan pesawat telah mengubah cara orang bepergian dan berinteraksi satu sama lain di seluruh dunia. Teknologi komunikasi seperti internet dan media sosial juga telah mengubah cara orang berkomunikasi dan berbagi informasi.

Teori Determinisme Teknologi juga mengajukan bahwa teknologi memiliki sifat yang otonom, artinya teknologi memiliki kemampuan untuk berkembang secara mandiri tanpa campur tangan manusia. Teori ini mengkritik pandangan bahwa manusia dapat sepenuhnya mengontrol teknologi, dan bahkan menganggap bahwa teknologi mungkin menjadi kekuatan yang mengendalikan manusia di masa depan.

Meskipun teori ini memberikan pemahaman tentang bagaimana teknologi mempengaruhi budaya dan masyarakat, namun banyak kritik yang dilontarkan terhadap teori determinisme teknologi. Kritik tersebut menekankan bahwa teknologi tidak harus menjadi faktor penentu utama dalam membentuk budaya, masyarakat, dan ekonomi manusia. Ada juga pandangan yang menekankan pentingnya peran manusia dalam menentukan cara menggunakan teknologi dan mengembangkan teknologi yang sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan manusia.

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Pos Terkait:

Tinggalkan komentar: