Ngulik dan mengurai literasi media

Ini mencakup kemampuan untuk mengakses, menguraikan, dan menginterpretasikan berbagai jenis media, termasuk teks, gambar, audio, dan video. Literasi media sangat penting dalam era informasi digital saat ini, di mana media memainkan peran besar dalam membentuk pandangan dunia dan opini publik.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

gambar dibuat dengan canva pro

Literasi media adalah kemampuan individu untuk memahami, menganalisis, mengevaluasi, dan berpartisipasi dalam media. Ini mencakup kemampuan untuk mengakses, menguraikan, dan menginterpretasikan berbagai jenis media, termasuk teks, gambar, audio, dan video. Literasi media sangat penting dalam era informasi digital saat ini, di mana media memainkan peran besar dalam membentuk pandangan dunia dan opini publik.

Tidak bisa dipungkiri, literasi media itu seperti kunci ke dunia maya yang penuh warna. Ini bukan hanya soal tonton video lucu atau baca berita saja, tapi lebih dalam lagi. Jadi, kamu jadi seperti detektif media, paham, dan cerdas dalam menghadapi banjir informasi di mana-mana.

Coba bayangkan, dari sekadar melihat foto-foto sampai dengerin podcast, semuanya jadi bagian dari kemampuan ini. Kamu bisa ngulik, ngecek, dan mengurai apa yang ada di sana. Jadi, semuanya jadi jelas, tidak ada lagi yang berasa bingung atau tersesat dalam dunia berita dan hiburan.

Faktanya, sekarang, media memegang peranan besar dalam membentuk pandangan kita tentang dunia. Mereka bisa membuat kita lebih paham, lebih terbuka, atau bahkan, sayangnya juga bisa lebih terpengaruh. Jadi, skill literasi media ini bukan cuma skill biasa, tapi sesuatu yang wajib sekali dimiliki.

Nah, literasi media ini juga berperan sebagai tameng melawan berita palsu dan hoaks. Kamu jadi bisa lebih waspada, lebih cerdas dalam menyaring berita yang benar dan yang bohong. Bagaimana tidak penting? Manfaatnya kita bisa lebih percaya diri dalam berbicara dan berbagi informasi.

Terakhir, literasi media juga membuat kita lebih percaya diri dalam dunia sosial dan politik. Kamu bisa berpartisipasi dalam diskusi dan berkontribusi dalam masyarakat. Jadi, yuk, jangan ragu-ragu untuk kembangkan kemampuan literasi media, karena ini adalah kunci menuju dunia maya yang lebih cerdas dan lebih penuh makna.

Insya Allah. Blogger Kalteng. Membuat seri pembahasan Literasi Media, tentunya dengan bahasa sederhana.

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Pos Terkait:

Satu pemikiran pada “Ngulik dan mengurai literasi media”

  1. Ping-balik: Energi Blogger Kalteng Jasa Artikel Review Palangka Raya Nomor 1

Tinggalkan komentar: