Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya, ajak masyarakat berikan edukasi

#AYOGERAKBERSAMA Pelibatan masyarakat secara luas diharapkan memberikan dampak yang lebih baik lagi bagi penanganan COVID-19 di Kota Palangka Raya.

BAGIKAN DI

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BLOGGER KALTENG – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin pada kesempatan lauching Surat Edaran Walikota Palangka Raya Nomor 80 Tahun 2021 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Palangka Raya, pada Minggu (17/1/21) mengatakan “diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, dan terpadu antara pemerintah dan juga semua lapisan masyarakat, untuk bersama-sama berperan serta dalam rangka menjalankan protokol kesehatan 4M”.

Dibeberapa negara, penanganan COVID-19 yang sukses selalu melibatkan masyarakat yang disiplin. Dilangsir dari bbc misalnya berkaca dari penanganan yang dilakukan oleh Selendia Baru, keberhasilan mereka dalam menangani pandemi COVID-19 adalah dengan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, ketika ada ratusan pelanggar aturan karantina ditindak kepolisian, dukungan publik tetap tinggi. Kepercayaan dan dukungan masyarakat Selendia Baru terhadap kebijakan pemerintah mereka menurut beberapa jajak pendapat sampai pada angka 80%.

Komunikasi publik yang dilakukan oleh Perdana Menteri Selendia Baru Jacinda Ardern, seperti diberitakan oleh bbc, bahwa Ardern berulang kali mengatakan ”our team of five million”. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pujian kepada 15 juta warga Selendia Baru.

Palangka Raya, Ayo Gerak Bersama

Tagar #AYOGERAKBERSAMA diangkat oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya untuk mengajak masyarakat bersama memberikan edukasi kepada semua. Ajakan ini diselenggarakan dengan Lomba Video Pendek tentang protokol kesehatan 4M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Menjauhi Kerumunan).

”Dengan ikut serta pada Lomba Video Pendek ini kamu menjadi bagian dalam perjuangan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kota Cantik Palangka Raya”, begitu tulis Satgas untuk menyakinkan masyarakat.

Tidak hanya itu, karena ini dalam bentuk lomba maka disiapkan hadiah yang cukup besar, Juara 1 Rp3.000.000, Juara 2 Rp2.500.000, Juara 3 Rp2.000.000, Juara 4 Rp1.500.000, Juara 5 Rp1.000.000, Juara 6 Rp500.000, dan untuk 10 orang pemenang lainnya mendapatkan Rp350.000. Hadiah juga berupa Piagam Penghargaan baik untuk pemenang dan juga peserta lomba.

Pelibatan masyarakat secara luas diharapkan memberikan dampak yang lebih baik lagi bagi penanganan COVID-19. Seperti halnya yang disampaikan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin bahwa perlu ada kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam penanganan pendemi ini.

Seperti dikutip dari mediacenter.palangkaraya.go.id Fairid juga mengatakan bahwa “kemandirian masyarakat saat ini sangat diharapkan untuk turut aktif dalam mencegah potensi bencana, termasuk kemandirian dalam menghadapi bencana non alam seperti pandemi covid-19” hal ini disampaikanya pada saat melakukan pencanangan program kelurahan tangguh bencana di Kelurahan Sabaru Kecamatan Sebangau, Palangka Raya, Rabu (3/2/2021).

Program kelurahan tangguh bencana ini berorientasi pada pemberdayaan masyarakat sebagai ujung tombak pencegahan kebencanaan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *