Cek pekerjaan bloking area dan jalur tanam Rehab DAS Desa Mangkatip (Bagian 3)

Berdasarkan Peta Tanah dan hasil survey lapangan dari berkas rencana kerja, bahwa jenis tanah diwilayah lokasi Pembuatan tanaman termasuk jenis tanah Organosol glei humus.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

Foto bersama dengan pengawas lapangan, tim, dan pihak MGM.

Ini pekerjaan yang luar biasa. Kami harus menanam dengan luas 600 ha. Sebelum menanam, pekerjaan bloking area (pembuatan peta) dan pembuatan jalur tanam harus dipastikan selesai. Kami harus berjalan kaki untuk melakukan pengecekan.

Waw, perjalanan cukup berat. Jalan berair dan gambut menambah beratnya langkah kaki.

Berdasarkan Peta Tanah dan hasil survey lapangan dari berkas rencana kerja, bahwa jenis tanah diwilayah lokasi Pembuatan tanaman termasuk jenis tanah Organosol glei humus. Tanah dengan jenis tersebut termasuk dalam kategori tanah rawa bergambut, dengan tingkat kesuburan tanah sedang. Tingkat kematangan gambut sebagian besar termasuk safrik (matang) termasuk dan sebagian kecil termasuk kategori hemik (setengah matang).

Adapun jenis tanaman yang akan di tanam nantinya seperti Belangiran/ Meranti Rawa, Jambu Meter, Pulai Rawa, Jelutung, Geronggang dan Tumih.

Video berikut adalah dokumentasi perjalanan saya bagian 3 :

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Pos Terkait:

Tinggalkan komentar: