Suatu Hari

Ekspedisi Rehab DAS Desa Mangkatip (Bagian 1)

Pada 3-6 Maret 2023, ini perjalanan kedua saya ke Desa Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Perjalanan melalui rute dari Kota Palangka Raya ke Buntok jalur darat selama kurang lebih 3 jam, kemudian lanjut jalur Sungai Barito melalui dermaga di Buntok menggunakan speed boat kurang lebih 3 jam hingga sampai ke Desa Mangkatip.

Saya menyebutnya Ekspedisi Rehab DAS Desa Mangkatip, yaitu serangkaian tindakan atau upaya yang dilakukan untuk memulihkan, melindungi, dan mengelola ekosistem sungai serta daerah sekitarnya.

DAS merupakan suatu sistem ekologis yang terdiri dari sungai, hulu, hilir, serta lahan di sekitarnya, termasuk hutan, lahan pertanian, perkotaan, dan lain-lain.

Rehabilitasi DAS bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami DAS yang rusak atau terganggu akibat aktivitas manusia, seperti penebangan hutan yang berlebihan, konversi lahan, degradasi tanah, pencemaran air, kebakaran hutan dan lahan, dan praktik-praktik pertanian yang tidak berkelanjutan.

Sebagai penanggung jawab utama bersama CV. Dua Cahaya Cempaka, kami melakukan pekerjaan Penanaman hingga perawatan dengan jangka waktu 3 (tiga) tahun.

Video berikut adalah dokumentasi perjalanan saya bagian 1 :

Tag:

Artikel Terkait:

Tinggalkan komentar: