Dialog Organisasi Kemasyarakatan Kepemudaan Islam Tingkat Nasional

Dalam satu momen diskusi, saya mengusulkan kementerian agama memiliki platform sendiri untuk menghimpun konten dari berbagai organisasi masyarakat, terutama terkait konten Moderasi Beragama. Kita perlu platform yang kredibel untuk pembaca.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

Subdit Kemitraan Umat Islam Direktorat Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan kegiatan Dialog Organisasi Kemasyarakatan Kepemudaan Islam Tingkat Nasional pada Senin s.d Rabu, 27-29 Juni 2022 di Hotel Orchardz Jayakarta, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang mengambil tema “Eksistensi Generasi Milenial Dalam Implementasi Moderasi Beragama” ini diikuti oleh perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Kepemudaan Islam tingkat provinsi se Indonesia.

Kegiatan ini sebenarnya berfokus pada tema Moderasi Beragama yang diarahkan pada aktivitas di media sosial. Terlihat pada jadwal kegiatan yang disusun oleh panitia, dengan materi-materi seperti :

  1. Eksistensi generasi milenial dalam implementasi moderasi beragama;
  2. Optimalisasi media dakwah dalam mengimplementasi moderasi beragama;
  3. Arah dan tantangan media dakwah dalam bermoderasi beragama;
  4. Media sosial sebagai penguatan sikap moderasi beragama;
  5. Diskusi etika media sosial dalam menyikapi sikap bermoderasi;
  6. Diskusi media sosial sebagai penguatan nilai-nilai moderasi beragama;
  7. Diskusi meningkatkan konten moderasi beragama dalam kalangan kepemudaan Islam di Indonesia; dan
  8. Implementasi peran generasi milenial dalam moderasi beragama.

Kegiatan yang terjadwal selama tiga hari ini sangat berkesan. Bukan karena materinya tapi nilai sosial antar peserta. Kami sering ngobrol satu sama lain. Jadi, lebih banyak kami bahas materi di meja makan dan waktu santai ngopi ketimbang di ruangan kegiatan.

Usul saya

Dalam satu momen diskusi, saya mengusulkan kementerian agama memiliki platform sendiri untuk menghimpun konten dari berbagai organisasi masyarakat, terutama terkait konten Moderasi Beragama. Kita perlu platform yang kredibel untuk pembaca. Menjadi rujukan, informasi, dan edukasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Lihat dokumentasi kegiatan.

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Pos Terkait:

Tinggalkan komentar: