Google Keep, aplikasi catatan jadikan harimu lebih produktif

Bagi saya google keep merupakan aplikasi catatan sangat kaya fitur dan membuat hari-hari lebih produktif. Penggunaannya sangat mudah dan kamu wajib mencobanya.

BAGIKAN DI

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BLOGGER KALTENG “Coba sesuatu yang penting itu dicatat”, itu kalimat sederhana yang sering saya sampaikan kepada tim kerja. Logikanya sederhana, lupa memang manusiawi, tapi cara untuk tidak lupa sangat banyak, salah satunya dengan menulis atau membuat catatan yang bisa sewaktu-waktu dibuka kembali. Bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mencatat di buku tulis yang selalu dibawa kemana-mana atau dengan menggunakan teknologi berupa aplikasi untuk membuat catatan di smartphone seperti google keep.

Saya sendiri, melakukan keduanya. Mencatat di buku tulis dan mencatat di aplikasi catatan di smartphone. Fungsinya berbeda-beda dan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan saya sehari-hari. Saya juga membagi catatan, berikut detailnya.

Catatan di buku tulis

Biasanya catatan yang di buku tulis atau dikenal dengan block note adalah sesuatu yang lebih pribadi, misalnya cara kerja aplikasi tertentu yang susah diingat, rancangan dan target tulisan, catatan dengan kata kunci (biasanya ini berkaitan dengan pekerjaan). Informasi yang berkaitan dengan situs tertentu (biasanya saya gunakan sebagai bahan bacaan untuk belajar), judul buku terbaru (buku yang ingin dibeli). Terakhir, target jangka panjang.

Buku ini bersifat pribadi, tidak ada yang boleh membaca. Namun, pada umumnya orang-orang yang membaca juga tidak paham, karena memang catatan di dalamnya bersifat imajinatif dan ditulis tidak seperti pada umumnya.

Catatan di aplikasi khusus

Sedangkan catatan di aplikasi smartphone adalah catatan yang umum, misalnya yang berhubungan dengan pekerjaan seperti konsep undangan rapat, laporan kerja harian, agenda harian atau mingguan, hasil rapat, dan lainnya. Kemudian berkaitan dengan ide, baik itu ide menulis (untuk mengisi konten blog), ide dalam bidang tertentu, ide pada pekerjaan, dan ide lainnya.

Dulu, saya sempat gunakan untuk menulis momen singkat lengkap dengan foto (semacam seperti diary).

Catatan ini juga memuat info tentang nomor rekening, alamat rumah, yang sewaktu-waktu orang lain bisa minta. Sehingga tidak perlu lagi mengetik berkali-kali, hanya perlu copy-paste saja. Konsep-konsep caption Instagram, status facebook, dan beberapa hashtag saya tulis di aplikasi smartphone saya, mudah untuk di edit. Karena sebelum menulis status facebook atau caption Instagram saya berpikir panjang terlebih dahulu (dampaknya seperti apa jika saya tulis dan dibaca oleh orang lain).

Hal lain yang saya lakukan pada aplikasi catatan adalah untuk menghimpun link khusus, misalnya berita-berita yang menarik, informasi penunjang pekerjaan atau penunjang tulisan, serta informasi yang berkaitan dengan hobi dan minat.

Google Keep jadikan harimu lebih produktif

Sejak 2018 saya menggunakan google keep sebagai aplikasi catatan di smartphone. Sebelumnya saya pernah menggunakan aplikasi lainnya, yang menurut saya kurang produktif dan kekurangan fitur.

Aplikasi ini disediakan secara gratis oleh google, bisa didownload di playstore dan juga digunakan melalui laman web bahkan diinstal di windows.

Kelebihan Google Keep

  1. Login dengan akun email gmail, sehingga catatan di google keep tidak akan hilang jika dihapus. Walaupun berganti handphone, catatan bisa dipulihkan, karena sifatnya tidak tersimpan di handphone tapi di server google.
  2. Judul dan isi dimuat dalam hal berbeda, sehingga memudahkan untuk mengenali catatan yang telah kita buat.
  3. Memiliki fitur ‘label’, jadi catatan bisa dikategorikan. Misalnya catatan berkaitan dengan hobi, pekerjaan, masakan, curhat, dan lainnya.
  4. Kalau google yang punya, pasti ruang penyimpanan yang tidak terbatas.
  5. Fitur penelusuran juga ada, jadi tidak perlu harus otak-atik mencari tatatan, asal ingat kata kunci saja lalu ketik di widget penelusuran maka catatan dengan kata kunci tadi akan muncul.
  6. Catatan penting bisa dipasangkan pin. Sehingga catatan ini akan tersemat di atas catatan lainnya.
  7. Catatan juga bisa ditambah pengingat, misalnya kamu membuat catatan tentang apa yang harus disampaikan waktu rapat maka buat saja waktu untuk mengingatnya. Atau kamu ada janji temu dengan orang lain, tinggal kamu buat saja jadwalnya. Fitur ini dengan otomatis akan mengingatkan agenda mu.
  8. Membuat warna berbeda pada setiap catatan. Setidaknya ada 12 warna yang telah disiapkan. Menjadikan catatan mu semakin menyenangkan.
  9. Fitur lainnya juga tersedia, seperti menyisipkan foto, rekaman suara, menulis dengan kuas, membuat kontak centang (cocok buat membuat list belanjaan). Kamu juga bisa mengambil foto langsung dari aplikasi ini.

Kelebihan lainnya yang sangat penting dari google keep adalah kemampuan untuk digunakan di windows atau melalui web, sehingga memudahkan membuat catatan di laptop terlebih dahulu sebelum memasukan ke google keep kemudian dengan mudahnya tersinkronisasi di google keep smartphone.

https://youtu.be/UbvkHEDvw-o

Untuk kekurangan, saya masih belum menemukan, karena bagi saya google keep merupakan aplikasi catatan sangat kaya fitur dan membuat hari-hari lebih produktif. Penggunaannya sangat mudah dan kamu wajib mencobanya.

Semoga bermanfaat.

Yandi Novia | Blogger Kalteng

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *