Pencarian Sayur Hutan Daun Sepang

Daun "sepang" kami menyebutnya dengan bahasa Dayak Ngaju. Memasaknya cukup dengan direbus bening. Rasanya manis, lebih manis dari sayur bayam.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

Penampakan Daun 'Sepang' salah satu sayur hutan khas dayak ngaju. Lokasi di Desa Tanjung Jariangau, Kecamatan Mentaya Hulu, Kotawaringin Timur - Kalimantan Tengah.

Mata harus jeli melihat Daun Sepang ini, karena hidupnya tumbuh liar di hutan diantara tumbuhan lainnya. Umumnya memang tumbuh di area yang dingin (tidak langsung terkena sinar matahari), karena lokasi pencariannya kategori hutan rimbun, pohon kayu besar masih banyak.

Daun “sepang” kami menyebutnya dengan bahasa Dayak Ngaju. Memasaknya cukup dengan direbus bening. Rasanya manis, lebih manis dari sayur bayam.

Selain di Desa Tanjung Jariangau dan sekitar, saya masih belum menemukan adanya daun ini, baik di hutan ataupun di jual di pasar tradisional.

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Pos Terkait:

Tinggalkan komentar: