Responsinator situs pengujian responsif desain tema web di perangkat mobile

Dengan tampilan tersebut, kita bisa melihat apakah tema web tampil dengan baik atau justru tampilannya jelek. Hal ini penting, sebab rata-rata pengunjung terbesar mengakses internet dengan perangkat mobile.

2 mins read
Responsinator situs pengujian responsif desain tema web di perangkat mobile - blogger kalteng
Responsinator situs pengujian responsif desain tema web di perangkat mobile - blogger kalteng

BLOGGERKALTENG.COM – Responsinator situs pengujian responsif desain tema web merupakan situs yang mengukur atau menguji sebuah web apakah tampilannya baik pada beberapa tampilan di layar mobile dan tablet. Diantaranya tampilan mobile iPhone eXpensive potrait (width: 375px), iPhone eXpensive landscape (width: 734px), android (pixel 2) potrait (width: 412px), android (pixel 2) landscape (width: 684px), iPhone 6-8 potrait (width: 375px) dan landscape (width: 667px), iPhone 6-8 Plump potrait (width: 414px) dan landscape (width: 736px), iPad potrait (width: 768px) dan landscape (width: 1024px).

Situs responsinator.com sepenuhnya hanya menampilkan bagaimana tema web tampil di sebuah perangkat mobile dan tablet. Dengan tampilan tersebut, kita bisa melihat apakah tema web tampil dengan baik atau justru tampilannya jelek. Hal ini penting, sebab rata-rata pengunjung terbesar mengakses internet dengan perangkat mobile. Silakan baca selengkapnya mengapa tampilan web harus baik di perangkat mobile?

Biasanya, hal wajib yang dilakukan para penyedia jasa pembuatan web adalah memastikan tampilan web menarik, baik dan memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya. Begitu juga dengan pengguna jasa, mereka juga harus mengetahui bagaimana webnya tampil di berbagai perangkat sebelum memastikan untuk meluncurkannya ke publik.

Situs pengujian ini menurut saya cukup lengkap, sebab tidak hanya tampilan beranda yang bisa dilihat, tapi juga tampilan lainnya. Seperti, bagaimana tampilan tombol menu, tampilan posting artikel, letak banner iklan atau iklan dari adsense, dan kita juga mengetahui beberapa fitur widget tampil dimana.

Jadi, berikut beberapa saran dari saya:

  1. Bagi penyedia jasa pembuatan web bisa memberikan gambaran bagaimana tampilan web di perangkat mobile dan tablet kepada pengguna jasa. Sehingga dengan begini mereka bisa memastikan tema web apa yang baik untuk situsnya. Jadi, uji coba dahulu tema web anda dengan situs responsinator.
  2. Uji coba tidak hanya tampilan beranda saja, tapi coba fungsikan tombol menu untuk mengetahui tampilannya, klik posting artikel untuk menguji apakah artikel mudah dan membuat nyaman saat dibaca (mulai dari ukuran font, jenis font, dan lainnya), bagaimana widget berkerja, apakah sudah sesuai dengan yang diiginkan.

Dengan pengujian ini kamu bisa mengetahui tampilan web untuk perangkat mobile dan tablet tanpa kamu harus mempunyai perangkat tersebut.

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.