Mengapa tampilan web harus baik di perangkat mobile?

Di Indonesia sebanyak 175, 4 juta pengguna internet. Jika diambil dari total populasi Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa, maka artinya 64% penduduk telah mengakses internet.

2 mins read

BLOGGERKALTENG.COM – Mengapa tampilan web harus baik di perangkat mobile? Jawaban sederhananya adalah karena rata-rata pengunjung terbesar mengakses internet dengan perangkat mobile. Dengan begitu, perlu rasa nyaman agar mereka betah mengakses web kita. Tentu hal ini akan berdampak baik bagi viewer dan tingkat web dalam mesin pencari google.

Laporan dari Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020 menyebutkan bahwa di Indonesia sebanyak 175, 4 juta pengguna internet. Jika diambil dari total populasi Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa, maka artinya 64% penduduk telah mengakses internet.

Kalau dilihat dari jenis perangkat yang digunakan, sebanyak 96% diakses melalui mobile phone, 94% smartphone, 21% non-smartphone mobile phone, 66% laptop atau komputer desktop, 23% tablet, 16% konsol game, perangkat untuk streaming konten TV melali internet 5,7%, smart home 7,8%, dan smart watch atau wristband 13%, hingga virtual reality device 5,1%.

Silakan download disini laporan Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020.

Selain alasan bahwa rata-rata pengunjung terbesar mengakses internet dengan perangkat mobile, berikut alasan kenapa tampilan tema web harus baik saat diakses menggunakan perangkat mobile:

  1. Memudahkan pengunjung untuk mengakses web, baik mengakses fitur menu, mencari dan membaca artikel, membagikan artikel, dan fitur lainnya tidak mengganggu seperti iklan yang menutupi artikel.
  2. Jenis dan ukuran font juga berpengaruh terhadap web, sebab web yang baik memberikan pengalaman membaca yang baik bagi pengunjung.
  3. Tampilan web yang baik juga membuat rasa nyaman bagi pengunjung, seperti misalnya keterpaduan warna tidak mencolok dan mempunyai estetika tinggi. Warna yang umum digunakan adalah putih, dengan font berwarna hitam. Sebaiknya jangan gunakan warna font selain hitam, kecuali untuk menandakan link (biasanya secara otomatis kata yang diberi link akan berubah warna).
  4. Tidak hanya soal estetika, tapi juga kemudahan akses yang langsung menuju apa yang pengunjung inginkan. Tidak banyak link yang harus diklik hingga sampai pada artikel yang ingin dibaca.

Demikian, beberap alasan mengapa tampilan web harus baik di perangkat mobile? Untuk menguji tampilan web baik atau tidak di beberapa perangkat mobile dan tablet silakan baca artikel tentang Responsinator situs pengujian responsif desain tema web di perangkat mobile.

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.