Kader PIKOM IMM Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Buka Donasi Takjil

ketaat dan mencari ridha Allah. Maka jika ada kata perintah dalam Al Qur'an maka hal itu bermakna hukumnya wajib.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

Fastabiqul Khairat, begitu slogan yang selalu diserukan oleh kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam menjalankan roda organisasinya. Penggalan Al Qur’an surah Al Baqarah ayat 148 ini diartikan dengan berlomba-lombalah dalam kebaikan. Namun, Muhammad Utama Al Faruqi Sekretaris PCIM Arab Saudi mengatakan bahwa ada beberapa makna dari kalimat ini dari beberapa tafsir para ulama, diantaranya seperti dikutip dari umm.ac.id (22/05/18) sebagai berikut.

Pertama, Al Baqarah ayat 148 Allah SWT memerintahkan untuk berlomba-lomba dalam beramal shalih, ketaat dan mencari ridha Allah. Maka jika ada kata perintah dalam Al Qur’an maka hal itu bermakna hukumnya wajib.

Kedua, maknanya tidak hanya berlomba-lomba, tetapi bersegera dalam beramal baik, tidak menunda, dan tersistem secara rapi dan teratur.

Ketiga, dalam AL Baqarah ayat 148 ini mengatakan wajib berlomba-lomba untuk beramal shalih dan ketaatan, berlomba-lomba untuk tetap konsisten dan istiqomah dalam berbuat kebaikan.

Maka untuk itulah, Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya terus berupaya melakukan gerakan demi gerakan dalam rangka ber-fastabiqul khairat terutama di bulan Ramadhan 1441 H.

Fastabiqul khairat diwujudkan dengan berbagi takjil kepada masyarakat. Dan membuka kesempatan untuk para donatur terlibat dalam gerak amal ibadah ini. Selain itu, gerakan ini juga merupakan perwujudan kader humanis dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Seperti yang diungkapkan Lisa Ramadana selaku koordinator kegiatan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dari pemaknaan tentang arah geraknya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah itu sendiri, melakukan kegiatan sosial kemasyarakat juga merupakan pengimplementasian dari tri kompetensi dasar IMM yaitu Humanitas.

“Kita berupaya berbagi kepada sesama, karena dalam organisasi kita di edukasi untuk menjadi kader yang humanis, kita coba wujudkan, walaupun dalam kegiatan yang skala kecil”, jelas Lisa.

Mari Sebagai bentuk dukungan untuk gerakan humanis kader PIKOM IMM Universitas Muhammadiyah Palangkaraya silakan berdonasi akun Instagram @pikom_imm_umpalangkaraya atau melalui Whattaps 0895 0799 9526. Semoga Allah SWT mencatat kebaikan kita semua. (dyn)

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Tags:

Pos Terkait:

Tinggalkan komentar: