Lomba Pidato Tiga Bahasa Ponpes Darul Hijrah Putri, Belajar Bahasa dan Orasi

1 min read

Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura menggelar Babak Final Lomba Pidato Tiga Bahasa (LPTB), Sabtu malam (7/3), di Gedung Serba Guna Siti Asiah komplek Ponpes Darul Hijrah Putri. Kegiatan tahunan yang telah menjadi sunnah pondok tersebut dihadiri oleh lebih dari 1800 santriwati, para guru dan orangtua para pembicara yang berlomba.

Lomba pidato dalam tiga kategori, yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, tersebut merupakan ajang pencarian bakat berpidato terbaik dari kalangan santriwati Darul Hijrah Putri sendiri, setelah mereka dilatih dalam kegiatan Muhadharah yang dilaksanakan secara rutin setiap pekan. Muhadharah  atau latihan berpidato itu sendiri adalah kegiatan ekstrakulikuler santriwati Ponpes Darul Hijrah Putri yang wajib diikuti.

Sebelum babak final lomba tersebut digelar, telah dilaksanakan babak-babak seleksi secara bertingkat. Babak penyisihan I diikuti 112 peserta lomba dalam ketiga kategori bahasa, babak penyisihan II diikuti 36 peserta, babak semifinal memperlombakan 18 pembicara dan akhirnya babak final menyuguhkan 9 peserta. Pada babak pamungkas ini 3 pembicara (mutakallim) dari masing-masing kategori bahasa menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam berorasi dan menyampaikan pesan-pesan dakwah.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri, Drs. KH. M. Nasrul Mahmudi dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan Muhadharah dan lomba pidato ini merupakan kegiatan belajar bahasa, khususnya Arab dan Inggris, sekaligus berlatih berbicara di depan publik.

“Banyak alumni Pondok Darul Hijrah yang mengaku Muhadharah telah banyak membantu karir dan kehidupan mereka, baik dalam hal penguasaan bahasa Arab dan Inggris maupun keterampilan berbicara. Maka hendaknya seluruh santriwati mengambil pelajaran dari Muhadharah dan lomba ini,” ujarnya.

Adapun para pemenang dalam lomba Pidato Tiga Bahasa Ponpes Darul Hijrah Putri tahun 2020 ini, yakni kategori Pidato bahasa Inggris: Juara 1, Alzena Mahesa Dewi (kelas X); Juara 2, Salsabila (kelas 1 Matrikulasi); Juara 3, Sri Nurul Hikmah (kelas X).

Kategori Pidato bahasa Arab: Juara 1, Eva Nur Rachmi (kelas X); Juara 2, Siti Nafisah (kelas X); Juara 3, Siti Amalia (kelas X). Kemudian, kategori Pidato bahasa Indonesia: Juara 1, Syifa Naziratul Helma (kelas 1 Matrikulasi); Juara 2, Al Rasha (kelas X); Juara 3, Widya Dwi Utami (kelas 1 Matrikulasi).

Laporan: Yunizar Ramadhani

Editor : Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Previous Story

HIPMI Kecam Deklarator Capres Erick-Bahlil, Maming : Beri Waktu Keduanya Bekerja Keras Membenahi Indonesia

Next Story

Briyan Iskandar: Happinas Palangka Raya jangan minder sebagai perantau, galilah potensi dirimu

Latest from Blog