KKN Etnografi UM Palangkaraya

1 min read

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya sebagai kampus swasta terbesar di Kalimantan Tengah tak henti-hentinya melakukan Inovasi dalam melaksanakan berbagai program. Diantaranya Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang berbentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu dengan dimulainya KKN Etnografi.

Berdasarkan arahan majelis diklitbang PP Muhammadiyah tentang KKN etnografi yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di berbagai daerah di Indonesia memiliki peluang strategis untuk pengembangan dakwah dan peta dakwah.

Maka dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang diwakili Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Dr. Nurul Hikmah Kartini, S.Si., M.Pd.I dan dosen pembimbing lapangan Dr. M. Fatchurrahman, M.Pd., M.Psi pada 16-17 Desember 2019 yang lalu melakukan silaturahmi kepada Pemerintah Kabupaten Sukamara yang langsung diterima oleh Bupati Sukamara H. Windu Subagio didampingi oleh Sekda Sukamara Sutrisno.

Selain itu, juga sebagai langkah awal LP2M Universitas Muhammadiyah Palangkaraya melakukan survey di tiga lokasi, Kecamatan Sukamara, Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Balai Riam.

“KKN etnografi akan dilakukan pada tanggal 11-31 Januari 2020 yang diikuti oleh 64 mahasiswa. Diharapkan kegiatan ini akan mengembangkan dakwah Muhammadiyah di daerah tersebut, sekaligus mempromosikan kampus ke daerah-daerah Kalimantan Tengah”, kata Nurul Hikmah Kartini.

Bupati Sukamara H Windu Subagio, saat menerima perwakilan UM Palangkaraya mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Sukamara sebagai daerah dilaksanakannya KKN Etnografi.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi kepada UM Palangkaraya dalam pelaksanaan KKN ini, besar harapan kami KKN ini juga bisa membantu memetakan banyak hal, diantaranya potensi daerah, agar kedepan dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat dan diaplikasikan oleh pemerintah”, jelasnya.

Kegiatan KKN merupakan kegiatan rutin tiap semester yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di UM Palangkaraya yang telah menempuh 100 sks. Sebagai bagian dari poin Dharma Perguruan Tinggi dalam Pengabdian Masyarakat.

“Berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat, selain sebagai transfer knowledge dari mahasiswa secara langsung. Bentuk kerjasama yang dibangun UM Palangkaraya dengan daerah-daerah di Kalimantan Tengah diharapkan bisa bersinergi satu sama lain yang memberikan manfaat bagi umat”, ujar Nurul Hikmah Kartini. (QA/dyn)

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Previous Story

Besok, NasDem Kota Palangka Raya Akan Gelar Diskusi Kebangsaan

Next Story

Pondok Pesantren Darul Ikhlas oleh Yayasan Segera Dibangun di Kuala Kuayan

Latest from Blog