KOKAM Kalteng Akan Adakan Diklatsar, Priyono : Ada tiga target kami

1 min read

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Tengah akan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) pada tanggal 27-29 Desember 2019 mendatang di Komplek SMA Muhammadiyah 2 Palangka Raya (Kalampangan).

Diklatsar KOKAM dengan mengambil tema “Menjaga Ukhuwah Islamiyah, Menjaga NKRI, dan Menggembirakan Kemanusiaan serta Kebangsaan”, diharapkan mampu mencetak kader-kader bela Negara yang tangguh.

Komandan KOKAM Kalteng, Suyatman saat dihubungi Betang Voice, Senin (23/12) menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini sebagai upaya untuk menjadikan kader KOKAM yang tangguh, disiplin, berilmu dan berakhlak mulia.

Dia berharap kader KOKAM dapat bersaing dalam menghadapi era globalisasi dengan jiwa dan raga yang lebih kuat, memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni di bidangnya dan dapat mengaplikasikannya di kehidupan bermasyarakat.

“Dalam upaya untuk mencapai semuanya, kader KOKAM akan kami bekali tentang pengetahuan Ketahuidan, yakni ke Esa-an Allah SWT sebagai pondasi utama, kemudian ilmu pengetahuan lainnya seperti materi bela Negara, al Islam, Kemuhammadiyahan, pengetahuan manajemen kebencanaan dan sar, serta materi-materi lapangan lainnya”, jelas Suyatman.

Ada sekitar 50 (lima puluh) orang dari kalangan pemuda-pemudi dari Kota Palangka Raya dan utusan Pemuda Muhammadiyah Daerah yang akan mengikuti pelatihan ini, tambah Suyatman.

Sementara itu, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kalteng Priyono, S.HI menjelaskan bahwa KOKAM merupakan satuan tugas di bawah kendali Pemuda Muhammadiyah. Ada tiga, prinsip dasar yang menjadi pegangan dan menjadi target dalam proses perkaderan, yakni hal ini terangkum dalam trilogi KOKAM, menjaga ukhuwah Islamiyah, menjaga NKRI dan menggembirakan kemanusiaan.

“Prinsip dasar itu yang menjadi pegangan, hal ini diupayakan mampu melatih jiwa kepemimpinan dan disiplin, menanamkan nilai-nilai kesiapsiagaan, tanggap bencana serta penanaman ilmu dan akhlak mulia kader-kader KOKAM”,  ujar Priyono.

Selain itu, hal yang paling penting juga menurut Priyono adalah memberikan pemahaman tentang bela negara, menanamkan jiwa Nasionalisme, Patriotistik, dan Pancasilais kepada kader sehingga mereka mampu membentengi diri dan masyarakat sekelilingnya agar tidak terpengaruh pada ideologi dan pemahaman yang menyimpang.

Adapun narasumber dalam pelatihan nanti terdiri dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalteng, TNI (Korem 102/Panju Panjung – Yonif 631/ Antang), BPBD Privinsi Kalteng, UPTD Damkar Kota Palangka Raya, serta dari mapala Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. (dyn)

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Previous Story

Ahsanu Amalaa, Wakili Kalteng di Ajang Korea Internasional Culture and Education

Next Story

Sepakat Tingkatan Kualitas Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, Walikota dan Rektor UM Palangkaraya Teken MoU

Latest from Blog