Membaca Arah Gerak Politik Fairid Naparin

Melalui keputusannya untuk mendaftar ke berbagai partai, Fairid Naparin menunjukkan komitmen untuk membangun kota Palangka Raya melalui kolaborasi lintas partai dan sikap yang inklusif.

Oleh

Yandi Novia

Update on:

Fairid Naparin, pada 8-9 Mei 2024 telah mendaftar sebagai bakal calon Walikota Palangka Raya ke sejumlah partai, yakni Demokrat, PAN, Nasdem, PDIP, PKB, Gerindra dan PSI. Dan masih akan dilanjutkan ke partai lainnya.

Golkar Kota Palangka Raya pada Pileg April 2024 kemaren, memperoleh 6 (enam) kursi dengan raihan suara 35.848 lebih. Capaian ini menempatkan Golkar dalam posisi yang bisa mengusung calon Walikota tanpa koalisi.

Lalu, kenapa seorang Fairid Naparin harus mendaftar ke berbagai partai? Saya coba ulas dan mari kita diskusikan.

Pertama, Partai Golkar Kota Palangka Raya, yang dinahkodai oleh Fairid Naparin sendiri menginginkan adanya koalisi lintas partai. Sederhananya, untuk membangun dan mengelola kota Palangka Raya perlu kebersamaan, bukan hanya modal kemenangan saat pileg, karena pilkada bicara kepentingan yang lebih besar.

Kedua, Fairid Naparin, politikus muda yang matang dalam komunikasi politik. Interaksi komunikasi politik secara langsung maupun melintasi berbagai kelompok. Mampu menempatkan diri dengan cermat. Dia tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Tipikal politik santun, tidak ngegas, tidak juga terlalu slow.

Ketiga, Fairid Naparin sadar dia tidak boleh egois, arogan dan jumawa. Sebagai partai pemenang pileg, dia tidak merasa bahwa keberhasilan tersebut memberinya keistimewaan untuk menutup diri dan jual mahal. Dia sadar betul, politikus yang baik mampu merangkul dan siap untuk dirangkul. 

Dan keempat, ada ruang bagi kita untuk mengeksplorasi lebih lanjut mengenai alasan-alasan di balik keputusan Fairid Naparin. Apa pendapat Anda tentang hal ini?

*Yandi Novia

Wakil Ketua MPO Golkar Kota Palangka Raya

Yandi Novia

Pada tahun 2010 saya memulai membangun sebuah blog. Belajar menulis, mengedit, dan belajar hal-hal baru seperti desain grafis dengan corel draw, membangun web hingga menerima jasa pembuatan web, video editing, dan content creator. Saya juga pekerja freelance pada bidang komunikasi dan mobilisasi sosial. Mari Berteman!

Pos Terkait:

Tinggalkan komentar: